Selamat datang teman, Kami harap bisa menikmati blog kami. Happy blogging ! .
Cek kembali jika kami sudah selesai dengan ini...
Silahkan Mengisi buku tamu untuk sekedar meninggalkan Jejak.. :)
Peluang bisnis anda

SPACE IKLAN

Space buat promosi halaman atau produk anda, minat hubungi kami..

Selengkapnya...
Title

Ibu Rumah Tangga yang Sukses

Selain Mahasiswa banyak juga loh ibu rumah tangga yang berhasil dengan mengikuti tips bisnis dari mba Dini Santi. Pasti senang bisa bantu ekonomi keluarga. Tetapi perjuangan Mba Dian ini ngga mudah awal-awalnya tp sekarang beliau sudah sukses dan bisa menghabiskan waktu bersama keluarga.

Yuk lihat cerita sukses lainnya
Title

Tentang Akper IV

Angkatan yang mempunyai Seribu Satu Kisah Sedih, Senang, Susah bersama, saat dimana bisa menangis bersama, saat dimana bisa tersenyum bersama. Mempunyai motto kita selalu beda.

Read More
sukses dan sehat

Blog ini Penggemar Berat DBC-Network

Jelas banget dbc-network udah mengubah hidup saya, jadi melek IT, Dulu muncul pertanyaan gini "Waktu habis untuk ngantor? meeting? Capek di jalan? Tidak punya modal?" Bersama Oriflame di d’BC Network, Anda bisa mulai membangun bisnis dengan segala keterbatasan diatas! TAPI jangan dulu percaya kalo belum membaca kisah suksesnya yah

Kisah Sukses Lainnya

SOP penyelenggaraan Pelayanan

Berhubung puskesmas kami sedang mempersiapkan akreditasi, berikut saya share sedikit SPO/SOP penyelenggaraan pelayanan, untuk format SOP bebrapa puskesmas berbeda-beda untuk itu saya share langkah-langkahnya sebagai berikut:



Referensi -
1. Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tetang Pelayanan Publik
2. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.
3. Permenkes RI Nomor 741 Tahun 2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota.
4. Permenkes RI Nomor 75 Tahun 2014 Tentang PUSKESMAS.

Kebijakan
SK kepala puskesmas tentang penyelenggaraan program

Langkah – langkah

1 penanggung jawab program membuat SPO pelayanan
2 Pj. Program mensosialisasikan SPO yang telah dibuat kepada semua pelaksana pelayanan
3 pelaksana layanan melakukan pelayanan kepada masyarakat mengikuti SPO yang ada
4 Pj. program mengevaluasi pelaksanaan pelayanan secara periodic ( 6 bulan sekali )
5 Pj. program membahas hasil evaluasi pelaksanaan pelayanan
6 Pj. program menginformasikan hasil evaluasi kepada semua pelaksana pelayanan
7 Pj. program menentukan tindak lanjut pelaksanaan pelayanan di puskesmas ( bila perlu menkoreksi SPO yang ada ) demi perbaikan pelayanan
8. pelaksana layanan melakukan pelayanan berdasarkan hasil kesepakatan yang dibuat sesudah ada evaluasi



Dokumen terkait
notulen pertemuan
dokumentasi layanan
Baca Selengkapnya...

TIPS untuk membuat kelengkapan dokumen SK dan SOP Puskesmas

Salam Blogger, Salam Sejawat
Akreditasi Puskesmas sudah dimulai, beberapa puskesmas yang ditargetkan untuk akreditasi mulai sibuk untuk melengkapi persyaratan sesuai instrumen akreditasi. penyusunan dokumen akreditasi membutuhkan cara khusus agar tidak tercecer dan memudahkan pencarian, revisi dll
Berdasarkan pengalaman saya berikut beberapa TIPS agar proses pembuatan dokumen SK dan SOP puskesmas tidak berantakan:


1. Untuk keperluan Akreditasi SOPd dan SK yang sudah dibuat diklasifikasi berdasarkan POKJA (walaupun beberapa SOP dan SK ada yang sama
2. jika sudah Softcopy dokumen dibuatkan folder kalau pengalaman saya ada 3 ( ADMIN, UKP dan UKM )
3. Penamaan SOP dan SK diawali dengan kode Instrumen seperti "1.1.1.1 SK tentang jenis pelayanan yang disediakan" artinya SK tersebut pada instrument akreditasi pada Bab 1 Standar 1 kriteria 1 Elemen Penilaian 1.
4. hardcopy dibuatkan folder khusus SOP dan SK dipisahkan
5. buatlah lemari arsip khusus dokumen SOP dan SK

sekian dulu.. untuk dokumen lain akan menyusul

salam
ikh
Baca Selengkapnya...

SOP pendelegasian wewenang puskesmas

Berhubung puskesmas kami sedang mempersiapkan akreditasi, berikut saya share sedikit SPO/SOP pendelegasian wewenang, untuk format SOP beebrapa puskesmas berbeda-beda untuk itu saya share langkah-langkahnya sebagai berikut:

Pengertian
pedelegasian wewenang adalah pelimpahan dari dokter kepada perawat dalam upaya pelayanan kesehatan, dimana perawat mengerjakan tugas dokter untuk melakukan tindakan medis tertentu, yang apabila tugas tersebut dilaksanakan sesuai dengan yang dikehendaki dokter, apa pun hasilnya, perawat tidak memikul beban tanggung jawab dan tanggung gugat atas kerugian pasien.

Tujuan
Agar pelayanan dipuskesmas berjalan dengan lancar apabila petugas kesehatan yang berwenang tidak ada maka dilakukan pendelegasian wewenang oleh pemberi wewenang sesuai kompetensi dan kemampuan dari yang diberi wewenang


Referensi -
1. Undang-undang RI Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
2. UU Republik Indonesia Nomor 36 Thn 2009 pasal 5, tentang Pelayanan, Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Kesehatan di Puskesmas
3. Permenkes Nomor 75 Tahun 20014 tentang Puskesmas
4. Permenkes Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan
5. Keputusan Menteri Kesehatan No. 1280/Menkes/SK/X/2002 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Perawat


Kebijakan
SK kepala puskesmas tentang kebijakan peningkatan mutu klinik dan keselamatan pasien

Langkah – langkah

1 Petugas pemberi wewenang menghubungi kasubag tata usaha untuk melihat kompetensi calon petugas yang sesuai yang akan diberi delegasi wewenang
2 Petugas pemberi wewenang membuat surat delegasi wewenang
3 Petugas pemberi wewenang menghubungi calon petugas yang diberi delegasi wewenang untuk meminta persetujuan
4 Petugas pemberi wewenang menyerahkan surat delegasi wewenang ke administrasi surat untuk diberikan nomor surat
5 Petugas administrasi surat memintakan persetujuan kepada kepala puskesmas
6 Petugas administrasi surat menyerahkan surat delegasi wewenang yang telah disetujui kepada petugas pemberi wewenang dan calon petugas yang diberi wewenang
7 Petugas yang diberi wewenang melaksanakan tindakan sesuai dengan wewenang yang dilimpahkan.

Dokumen terkait
Rekam medik

Baca Selengkapnya...

Alila Solo, Kemewahan yang Terjangkau


Saya sudah lama 'ngidam' pengen menginap di hotel Alila. Mana saja deh, karena hotelnya cakep-cakep semua. Alila Ubud, Manggis, Seminyak, atau Uluwatu. Tapi memang tarifnya mahal ya, karena memang luxury hotel. Begitu dapat kabar grup Alila buka hotel di Solo, saya langsung masukin ke bucket list. Semahal-mahalnya Solo berapa sih? ;) Alhamdulillah kesampaian mencoba hotel Alila pas long weekend di bulan Mei kemarin.

Hotel Alila Solo ini masih baru, baru buka bulan November 2015. Beberapa fasilitasnya juga baru buka ketika saya menulis review ini, seperti rooftop bar dan spa. Saya memesan kamar deluxe lewat Agoda seharga US$ 83,61 atau sekitar 1 juta rupiah. Setelah membandingkan di Hotels Combined, waktu itu tarif di Agoda memang lebih murah. Harga sudah termasuk pajak dan sarapan gratis untuk 2 orang. Tarif ini sedikit di atas rata-rata karena bertepatan dengan liburan akhir pekan panjang.

Tentunya hotel ramai banget. Kami cek in sekitar pukul 7 malam setelah menempuh kemacetan kota Solo, sepulang dari Candi Cetho di Karanganyar. Begitu masuk ke lobi hotel Alila, saya langsung takjub banget. Padahal foto-foto lobi hotel ini sudah sering saya lihat di postingan seleb twit dan seleb instagram. Tapi tetap saja, aslinya lebih megah.

Kamar kami di-upgrade jadi Executive Room, yay! Alhamdulillah, rezeki Emak salehah ;) Sementara saya cek in, anak-anak dan Si Ayah duduk di sofa dan disambut dengan welcome drink dan handuk hangat untuk cuci muka. Seger banget. Waktu itu kebetulan ada Ibu Eleonore, GM Alila Solo yang dengan ramah menyambut kedatangan kami. Kata beliau, malam ini hotelnya fully booked.



Begitu dapat kunci, anak-anak langsung lari ke lift dan buka kamar. Udah capek banget pengen rebahan ke kasur empuk. Tentu saya usir-usir karena harus... foto duluuuu. Maaf ya Nak :D Kamarnya luas (40 meter persegi) dan memang elegan banget, khas Alila. Saya suka desainnya yang simpel tapi terkesan mewah. Plus sentuhan dekorasi wayang yang membuat hotel ini Solo banget. Kasurnya ukuran king, jadi muat buat kami berempat. Orangnya memang mini-mini sih :p Tapi kalaupun nggak muat, ada sofa yang cukup nyaman untuk jadi extra bed. Begitu selesai foto-foto, duo precils langsung ambil remote dan nyalain TV segedhe gaban. Maklum, di rumah nggak ada TV yang bisa nyala. TV-nya 48 inci dan channel-nya lengkap, mulai dari berita, olahraga, sampai anak-anak.

Kami tidur dengan nyaman di sini. Kamarnya terasa tenang banget nggak ada gangguan suara apapun. Sepiii... Padahal hotelnya sedang penuh lho. Berarti soundproof-nya oke banget kan. Suara AC juga nyaris nggak terdengar.








Ini pose apaan sih? :p

Fasilitas kamar ini lengkap kap kap. Ya jelas, bintang lima! Dari meja kerja yang sleek, colokan di mana-mana, sampai akses internet dari wifi yang cukup kencang. Dari amenities wajib seperti botol air mineral sampai setrika dan papannya. Karena ini kamar eksekutif, kamar mandinya dilengkapi bath tub. Little A senang banget bisa mandi berendam dengan busa-busa melimpah. Saya suka sabun dan samponya yang wangi sereh. Tentu sisa toiletris-nya saya bawa pulang semua. Jadi ketika mandi di rumah, saya masih merasakan kemewahan bintang lima, hahaha.

Fasilitas kamar eksekutif yang paling saya suka adalah: mesin kopi! Terbiasa minum kopi enak, saya paling sebel kalau hotel hanya menyediakan kopi sesat, eh saset. Apalagi kalau di restorannya juga nggak ada mesin kopi. Gagal deh jadi hotel berbintang. Makanya begitu bangun pagi, saya langsung mencoba mesin kopi nespresso ini, yang dilengkapi dengan dua buah kapsul kopi. Alhamdulillah ada petunjuk cara menggunakan, bisa repot kan kalau sampai rusak :p Pagi itu, dua cangkir kopi lezat terhidang untuk saya dan suami. Kami berdua bisa menikmati golden time, ngopi sambil ngobrol sebelum anak-anak bangun. Alangkah sedapnya.


Lokasi Hotel Alila Solo di jalan Slamet Riyadi No 562, bagian barat kota Solo. Hotel ini dekat dengan mal Solo Square. Pusat perbelanjaan ini terlihat dari jendela kamar kami di lantai 8.

Ketika anak-anak sudah bangun, langsung saya ajak untuk sarapan. Saya sudah terbayang restorannya bakal ramai kayak apa karena kamarnya penuh semua. Dan memang benar, ramai pol. Staf Alila tampak hilir mudik melayani tamu dengan gesit. Kami juga diantar oleh waiter sampai mendapatkan meja untuk empat orang. Karena Big A sudah 14 tahun, dia sudah harus bayar tambahan tarif dewasa. Sementara Little A yang usianya 7 tahun pakai tarif anak-anak. Total saya bayar ekstra Rp 232.320 untuk sarapan. 

Pilihan makanan untuk sarapan sangat lengkap, dari makanan tradisional sampai ala Barat. Seperti biasa si duo lidah bule pilih makan roti panggang dengan olesan. Saya wajib mencicipi bubur ayam, sementara Si Ayah selalu menjajal makanan tradisionalnya plus sepiring salad. Bubur ayam cukup enak, rotinya bisa diterima duo Precils yang punya standar tinggi untuk bakery, Si Ayah juga hepi dengan macam-macam sambal yang tersedia. Saya paling terkesan dengan yoghurt dan muesli yang dihidangkan dalam gelas-gelas mini banget. Ini enaaaak... tapi kok kayaknya nggak banyak yang ambil. Selain itu, kami juga sempat mencicipi aneka sushi yang yummy dan tentunya diakhiri dengan buah-buah segar.

Saya sangat terkesan dengan pelayanan staf Alila di restoran. Tahu sendiri kan, suatu hotel atau tempat makan bakalan diuji ketika ramai pengunjung. Kalau menurut saya Alila lulus ujian dengan nilai bagus. Meskipun ramai, tampaknya semua tamu terlayani. Meja cepat dibersihkan, makanan selalu cepat diisi ulang, dan ketika saya meminta tolong salah satu staf untuk mengambilkan tusuk gigi, dia langsung menghentikan kegiatannya dan melayani saya. Pagi itu, saya mendapati Ibu Eleonore turun langsung ikut membersihkan meja. Pemimpin keren yang seperti ini kan, lead by example.

Suasana ramai juga tidak membuat restoran Epice ini rusuh. Saya lihat pengunjungnya kebanyakan warga lokal yang menikmati long wiken. Para pengunjung bisa antre dengan tertib, nggak sampai rebutan saat mengambil makanan :D Anak-anak disediakan high chair, jadi nggak ngider ke mana-mana. Kami punya cukup waktu untuk menikmati sarapan dengan nyaman tanpa takut diusir. Meski begitu, kami juga nggak terus berlama-lama, gantian dengan tamu yang lain. Lagipula kami masih punya agenda hari itu sebelum cek out: berenang!

Wajah kelaparan :p


Ini yang ditunggu-tunggu saya dan duo precils: mencoba kolam renang Alila yang super keren itu. Kolam ini ada di lantai 6, jadi satu dengan gym yang sayangnya belum sempat kami coba. Kolamnya luas banget, bisa untuk olahraga renang beneran, nggak cuma celup-celup. Di pinggirnya ada kolam-kolam dangkal untuk main. Masih ditambah kolam terpisah khusus anak-anak. Di kolam ini juga tersedia banyak kursi malas plus handuknya, semua pasti kebagian meski sedang ramai. Kita juga bisa pesan minuman dan snack kalau masih belum kenyang.

Yang lucu, di kolam ini ada beberapa bantal besar dan bean bag buat leyeh-leyeh manja di air. Little A langsung pose-pose cantik ala model begitu berhasil mendapatkan bean bag. Belum lancar berenangnya nggak papa asal gaya, hahaha. Kami main-main di kolam ini sampai puas, sampai tamunya tinggal kami aja. Nggak takut gosong? Nggak lah, kan udah pakai sunblock.



 
We had a fantastic stay at Alila Solo. Will definitely come back again when we visit Solo and when the kids club is open. Hotel ini saya rekomendasikan untuk keluarga yang mau staycation, mudik, atau mengunjungi Solo. Meski hotel baru, Alila Solo sudah mendapat ranking satu di Tripadvisor. Kapan lagi nginep di Alila dengan harga 'hanya' satu jutaan?

~ The Emak
Baca Selengkapnya...

Memesan Penginapan Airbnb di Taipei


Mau memesan penginapan yang lebih hemat daripada hotel dan lebih privat daripada hostel? Mungkin Airbnb bisa menjadi pilihan. Sebenarnya apa sih Airbnb itu? Website ini mempertemukan traveler yang memerlukan penginapan dan orang-orang biasa yang menyewakan kamar/apartemen atau rumahnya. Saya sekeluarga pernah menyewa apartemen di Paris dan vila di Ubud melalui airbnb. Aman nggak? Dari pengalaman saya sih aman dan berkesan, tapi tentu ada tip dan triknya. Baca sampai habis ya.

Step-by-step untuk memilih dan menyewa akomodasi di airbnb gampang banget, mirip dengan situs booking engine lainnya. Tapi di sini kita harus daftar menjadi anggota dulu, karena penyewa juga ingin tahu profil kita.

Langkah-langkah:
1. Buka website airbnb.
2. Klik "Daftar untuk mengklaim kredit" Kamu bakalan dapat kupon Rp 250.000.
3. Daftar dengan FB/Gmail/Email lain. Masukkan biodata seperti biasa.
4. Setelah daftar, balik ke halaman utama. Di pojok kiri atas, dekat logo airbnb, masukkan kota tujuan.
5. Masukkan tanggal cek in, cek out dan jumlah tamu.
6. Klik "Lebih banyak filter" Saya biasanya pilih (dengan centang) "Superhost" atau "Hos Teladan" dan "Bahasa tuan rumah: English", setelah itu klik "Berlakukan filter"
7. Untuk mencari penginapan di lokasi tertentu, zoom in dan geser peta


Tampilan Airbnb
Filter superhost penting untuk memastikan tuan rumah kita terpercaya. Biasanya mereka ini sudah berpengalaman menjadi host dengan ulasan-ulasan yang bagus. Filter bahasa tuan rumah juga penting, terutama untuk negara-negara yang tidak berbahasa Inggris. Saya mengaktifkan filter tuan rumah harus bisa berbahasa Inggris ini ketika memesan airbnb di Paris dan Taipei. Saya takutnya nggak nyambung dan ada miskomunikasi kalau enggak, karena saya sendiri nggak bisa bahasa Perancis dan Mandarin.

Selanjutnya kita bisa pilih-pilih akomodasi seperti biasa. Saya lihat foto, memastikan fasilitasnya sesuai dengan yang saya inginkan dan membaca ulasan atau review-nya. Untuk menghindari penipuan atau akomodasi fiktif, jangan memesan di listing yang yang belum ada review-nya meskipun harganya miring. Beberapa pilihan penginapan yang bagus bisa kita simpan di wish list, dengan meng-klik tanda hati.

Setelah melihat-lihat pilihan yang ada, saya tertarik memesan kamar privat di apartemen ini: https://www.airbnb.com/rooms/6405228. Lokasinya dekat dengan Taipei main station dan harganya tidak terlalu mahal. Tidak lupa saya cek profil host-nya, tampak meyakinkan kok :)






8. Ajukan pemesanan (request to book). Halaman selanjutnya meminta anda untuk memperkenalkan diri, kemudian membayar dengan kartu kredit, kartu debit atau paypal. Kartu kredit yang diterima untuk pembayaran adalah visa, mastercard, amex dan discover. Kalau tidak punya kartu kredit, bisa pinjam punya orang lain. Saya memasukkan nomor kartu kredit punya suami di akun saya dan nggak masalah. Sementara untuk kartu debit, yang sudah saya coba masukkan dan diterima adalah kartu debit dari Permata Bank yang ada tulisannya VISA Electron. Kartu Debit dari Bank Mandiri ditolak. Mungkin beberapa kartu debit dengan logo visa/mastercard perlu diaktifkan dulu fitur belanja online-nya di bank. Coba aja deh semua kartu yang ada :) 

Perhatikan di halaman pembayaran bahwa kupon atau travel credit sudah dipotongkan sebagai diskon. Kalau punya kupon banyak seperti saya, bisa jadi bayarnya Rp 0 alias gratis :) Selain itu, perhatikan bahwa ada biaya jasa (fee airbnb) sebesar kurang lebih 12%.

Setelah isian beres > klik "kirim permohonan"

9. Untuk listing dengan tanda "pemesanan instan" yang logonya seperti petir, kita bisa langsung mendapat konfirmasi saat itu juga. Untuk yang tidak bertanda "instant confirmation" kita tunggu saja konfirmasinya melalui email. Ketika memesan vila di Ubud, saya mendapat konfirmasi instan, sedangan untuk apartemen di Paris dan kamar di Taipei ini, konfirmasinya perlu menunggu sebentar.

Sebelum memesan, perhatikan juga kebijakan pembatalan dari masing-masing listing. Ada yang fleksibel, artinya bisa dibatalkan sehari sebelumnya dengan pengembalian penuh (contohnya: vila kami di Ubud). Ada yang kebijakan pembatalannya sedang, artinya pembayaran bisa dikembalikan penuh kalau dibatalkan 5 hari sebelumnya. Tapi ada juga yang kebijakan pembatalannya ketat (strict), pembayaran hanya dikembalikan 50% kalau dibatalkan seminggu sebelumnya. Untuk semua pembatalan ini, fee atau biaya airbnb tidak dapat dikembalikan alias hangus.




Selain mendapat konfirmasi, kita juga akan memperoleh kuitansi atau tanda terima pembayaran. Fyi, kuitansi pemesanan penginapan airbnb ini bisa digunakan untuk melengkapi syarat visa, termasuk visa Schengen. Biasanya tuan rumah juga akan memberi petunjuk lengkap alamat dan cara menemukan rumah atau apartemnnya. Kalau kurang jelas, kita bisa menghubungi mereka via email atau sms/whatsapp.

Tuan rumah saya yang di Taipei ini, Angie, malah mempunyai video You Tube yang sangat jelas, menjelaskan cara mencapai apartemennya dari bandara di Taipei. Sangat membantu saya yang pusing lihat huruf-huruf keriting :)




Gimana, gampang kan? Yuk daftar airbnb sekarang biar nanti gampang kalau pas perlu. Mumpung ada kupon dari The Emak sebesar Rp 250.000. Daftarnya pakai tautan ini ya: www.airbnb.co.id/c/akumalasari

~ The Emak Baca Selengkapnya...

Balada Tiket Gratisan Jetstar


Ini cerita saya ketika menang kuis berhadiah tiket Jetstar ke mana saja (yes, you heard that right :p) yang sudah saya pakai hornymoon honeymoon Desember 2015 lalu. Kenapa baru cerita sekarang? Karena... ternyata urusannya panjang dan baru saja selesai bulan lalu. Mau dengar cerita lengkapnya nggak? Jadi gini...

Juli 2015 saya ikutan kuis di fanpage FB Jetstar Asia. "Like" fanpage mereka deh, sering banget ada kuis, siapa tahu rezeki kamu. Pertanyaannya waktu itu gampang banget, cuma disuruh menyebutkan tiga destinasi impian Jetstar Asia dengan transit di Changi Singapura. Alhamdulillah, rezeki Emak salehah, saya menang. Hadiahnya nggak tanggung-tanggung, dua tiket Jetstar pp ke mana saja, asal masih rute yang dilayani Jetstar Asia plus voucher Changi sebesar SGD 100. Awalnya saya sangka cuma dapat satu tiket pp, eh ternyata setelah saya baca lagi emailnya, hadiahnya 1 PAIR of return economy starter flights. Saya sampai nanya-nanya ke suami dan teman-teman, 1 pair itu sama dengan 2 tiket kan maksudnya? Hehehe. Akhirnya saya yakin bahwa hadiahnya 2 tiket setelah mendapatkan formulir dari Jetstar untuk pemesanan tiketnya. Asyiiiiik... bisa buat pacaran berdua. Tapi ke mana?


Saya sih pengennya ke Hong Kong, Bangkok atau Jepang, sesuai jawaban saya di kuis. Nggak bohong kan? Tapi Si Ayah sudah pernah ke HK, dua kali malah. Dan dia nggak begitu suka Hong Kong. Sementara itu, ketika saya cek rute ke Osaka, dari Surabaya harus transit dua kali, yaitu di Singapura dan Taipei. Duh ribetnya. Pilihan lainnya adalah ke Vietnam, Ho Chi Minh City. Si Ayah penasaran dengan Vietnam. Saya sih nggak begitu pengen, kalau pun ke Vietnam pengennya ke Hanoi saja, bukan HCMC. Karena belum ada kata sepakat, saya lupakan sementara rencana traveling berdua.
 

Di bulan November, saya mulai obrolkan lagi dengan Si Ayah. Ini maunya ke mana sih? Eh ternyata dia berubah pikiran. Dia pengennya kami pergi berempat dengan anak-anak. Hak dush! Si Ayah ini memang family man banget, nggak tega meninggalkan anak-anak sendirian. Kalau dia pergi sendiri dan ninggalin anak-anak dengan saya sih sudah sering. Saya agak gimanaaa gitu. FYI, saya dan Si Ayah belum pernah pergi menginap berdua saja. Dari dulu, setiap kali traveling, anak-anak selalu ikut kami. Keluarga kami memang sangat lengket satu sama lain karena pengalaman kami tinggal berempat saja di negeri seberang tanpa pembantu. Saya pikir sekarang sudah saatnya kami bisa pergi berdua karena Big A hampir 14 tahun dan Little A 7 tahun. Dengan agak kesal, saya cari-cari jadwal untuk berangkat berempat. Ternyata tambahan dua tiket di bulan Desember, Januari, Februari mahal banget. Ya jelas ya, memang peak season sih. Karena nomboknya mahal, jadi nggak berasa kalau menang kuis. Harga 2 tiket pas musim liburan sama saja dengan 4 tiket saat low season. Kami nggak sanggup kalau nombok banyak-banyak!

Akhirnya saya berhasil membujuk Si Ayah untuk berangkat berdua saja. Kami tentu juga harus membujuk anak-anak agar mau ditinggal. Tentu nggak gratis, mereka minta dibelikan oleh-oleh spesial. Itu pun mereka berdua masih protes keras. Baca protes Big A di blog pribadinya: http://anindyaspointofview.blogspot.co.id/2015/12/how-to-take-advantage-of-situation.html.


Karena izin prinsip dari Si Ayah sudah turun, saya serahkan pilihan destinasi ke dia. Ke mana aja boleh deh, saya manut saja. Sudah mending dia mau pergi berdua saja tanpa anak-anak. Dan... pilihannya jatuh ke Taipei! 

Well, Taipei sebenarnya tidak masuk ke bucket list saya. Tapi saya orangnya senang mencoba sesuatu yang baru, jadi ya let's go aja. Untuk ke Taipei ini kami perlu visa. Sebenarnya visa Taiwan mudah diperoleh, tapi gara-gara saya salah baca informasi dari blog orang, malah jadi drama. Tentang visa akan saya tulis tersendiri ya.

Kami berangkat dari Surabaya 25 Desember dan pulang 29 Desember. Tiket high season kami ini kalau dirupiahkan seharga 22 jutaan. Wow, saya berasa menang besar. Perjalanan dari Surabaya sampai Singapura mulus-mulus saja. Kami sempat keluar dari Changi dan ikut merayakan kemeriahan natal di Marina Bay. Penerbangan ke Taipei masih tengah malam. Penerbangan dari Singapura ke Taipei ditempuh dalam 4 jam 45 menit. Kami sampai di bandara Taoyuan pagi hari jam 6.


Ternyata saya sangat menikmati perjalanan kami di Taipei. Kota ini jauh dari bayangan saya yang salah sangka menyamakan Taipei dengan kota di Tiongkok yang stereotipe-nya kotor, kumuh, banyak polusi, dll. Taipei sendiri kotanya rapi, bersih, mudah dijelajahi dan orang-orangnya sangat tertib. Makanannya juga enak-enaaaak. Meski kami berdua tidak bisa berbahasa Mandarin kecuali ni hao dan xie xie, kami bisa survive di Taipei :D

Drama dimulai ketika kami pulang dari Taipei dan kembali transit di Singapura. Kami tiba di bandara Changi pukul 1 dini hari, sementara pesawat ke Surabaya baru berangkat jam 11 siang. Untuk menghemat, kami berdua tidur di bandara saja. Paginya, setelah sarapan, kami cek jadwal penerbangan Jetstar, berangkat dari gate berapa. Lha kok ternyata penerbangannya ditunda menjadi jam 1 siang. Duh, kami mulai kesal karena sudah menunggu lama di bandara dan tidurnya juga kurang nyaman.


Horor terjadi ketika kami cek lagi informasi di layar, penerbangan kami dibatalkan. WHAT???

Kami segera menuju konter layanan Jetstar di dalam T1. Di sana tidak ada orang yang melayani. Beberapa saat kemudian ada orang-orang yang datang, senasib dengan kami. Ada yang nasibnya lebih buruk dari kami, orang ini penerbangannya sudah dibatalkan 2 kali dan sampai saat itu belum bisa berangkat. Kami bertanya-tanya alasan penerbangan dibatalkan, katanya karena ada aktivitas gunung berapi. Ketika ditanya gunung yang mana, petugas tidak menjawab. Kami yang sudah mempunyai boarding pass sempat terkatung-katung lama di dalam area T1. Kami tidak bisa melewati imigrasi sendiri untuk keluar ke konter cek in Jetstar. Sementara itu petugas Jetstar yang ditugaskan mengurus kami kurang bisa memberikan solusi. Mereka tidak mau memberikan ganti rugi apapun. Mereka hanya mau memberikan refund seharga tiket yang kami bayarkan atau pengalihan penerbangan ke Jakarta. Dari Jakarta ke Surabaya, harus kami tanggung sendiri.

Yang membuat kami kesal, alasan pembatalan penerbangan ini tidak masuk akal. Saya cari-cari di berita, tidak ada aktivitas gunung api apapun yang membahayakan di hari itu. Maskapai lain seperti Singapore Airline, China Airlines dan Garuda Indonesia tetap melakukan penerbangan dari Singapura ke Surabaya seperti biasa.

Belum lagi urusan bagasi. Setelah kami berhasil keluar melewati imigrasi, dengan kawalan petugas, kami tidak bisa menemukan bagasi kami. Perlu waktu hampir satu jam sampai akhirnya bagasi kami ditemukan oleh petugas. Setelah mendapat bagasi, kami kembali mendatangi konter cek in Jetstar untuk menyelesaikan urusan. Orang-orang yang senasib dengan kami umumnya pasrah rute mereka dialihkan ke Jakarta. Nanti mereka akan membeli sendiri tiket ke Surabaya. Kami tidak ingin ke Jakarta dulu karena tidak ingin menunda kepulangan kami ke Surabaya. Kami ingin sesegera mungkin bertemu anak-anak. Kami berdua memilih refund tiket dan membeli sendiri tiket baru dari Singapura ke Surabaya dengan Garuda Indonesia. Harapannya, tiket ini bisa di-reimburse oleh asuransi. Tentang klaim asuransi yang juga penuh perjuangan akan kami ceritakan sendiri.



Proses refund tiket ini tidak mulus. Di depan konter Jetstar, kami minta petugas untuk mengurus refund, tapi dia malah menyuruh kami menelepon call center. WHAT??? Ini bukan kami lho yang membatalkan penerbangan, tapi dari pihak mereka sendiri. Akhirnya Si Ayah meminta dipanggilkan manajer dan dia menyuruh petugas konter untuk mengurus refund kami. Ketak ketik ketak ketik, katanya refund bisa kami dapatkan dua minggu lagi. Fyuh.

Kami membeli tiket Garuda Indonesia dengan jadwal penerbangan malam hari jam 7. Duh, saya sudah bosen banget sama Changi dan pengen segera pulang meluk anak-anak.

Sebulan setelah itu, saya belum mendapat kabar apa-apa tentang refund tiket Jetstar saya. Bulan Februari, saya mengirim komplain via formulir feedback di website Jetstar. Bulan Maret, Jetstar membalas akan memroses refund saya dalam 15 hari dan uangnya akan diberikan lewat travel agen yang mengurus tiket saya. Setelah 15 hari, saya mengirim email ke marketing Jetstar yang memberi saya tiket hadiah ini, tapi tidak ada respon. Pertengahan April, saya mengirim email ke customer care DAN ke marketing menanyakan status refund saya. Setelah mengirim ulang email yang sama beberapa kali, akhirnya di bulan Mei saya mendapat balasan bahwa mereka tidak bisa memberikan refund berupa uang, tapi akan mengirim voucher sebesar $330. 


 
*tarik napas* Panjang ya ceritanya? Kasus ini sudah selesai. Moral of the story, kalau kalian naik Jetstar, jangan lupa membeli asuransi perjalanan untuk back up karena Jetstar ini low cost airline dan nggak mau ribet memberi ganti rugi kalau perjalanan kalian ditunda atau dibatalkan, atau bagasi kalian hilang. Jetstar adalah maskapai langganan kami ketika kami tinggal di Australia. Kami selalu mengandalkan Jetstar untuk mendapatkan tiket termurah antar kota di Australia. Selama ini memang nggak ada masalah dengan pelayanan Jetstar. Petugas mereka memang nggak begitu ramah tapi setidaknya profesional. Tapi dengan peristiwa pembatalan penerbangan tanpa alasan yang jelas ini, dan juga layanan ground staff di Changi yang kurang profesional, sebaiknya jaga-jaga dengan membeli asuransi perjalanan yang bisa diandalkan.

So, tinggal satu pertanyaan sekarang. Voucher $330-nya mau buat terbang ke mana?

~ The Emak Baca Selengkapnya...